FASILKOM..............SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS..........MERCUBUANA...... .....DIAN_SI_06......

Kamis, 15 Januari 2009

Kesadaran Menggunakan Data

Data yang tersedia di setiap departemen harus dioptimalkan untuk keperluan analisis kebijakan yang akan ditempuh pada masa mendatang. Hal tersebut dimungkinkan dengan penerapan teknologi informasi yang menganalisis data masa lalu dan kejadian saat ini.
hanya Departemen Perdagangan dan Departemen Perindustrian. Itupun untuk statistik dan manajemen. Idealnya semua departemen memanfaatkan data untuk analisis prediksi," katanya dalam press briefing, pekan ini.
Dia mencontohkan investasi tersebut salah satunya pada pemakaian data prediksi di departemen perpajakan di AS atau Internal Revenue Service.

Melalui sistem tersebut, IRS telah mampu menjaring pihak-pihak yang melakukan kecurangan pajak sehingga penerimaan pajak di negara itu mengalami peningkatan.
Jakarta - Departemen-departemen pemerintahan di Tanah Air dinilai kurang memanfaatkan data untuk tujuan prediksi, padahal hal tersebut dapat membantu pembuat kebijakan dalam mengambil keputusan.
Contoh diatas adalah conth gamblang betapa kesadaran pemakaian data oleh pemerintah dirasa masih kurang
padahal dengan memakai data sebagai acuan dalam pengambilan keputusan,selain lebih terarah dan lebih berdaya guna juga bisa menjadikan data tersebut sebagai aksi suatu pencegahan dari pengkorusian uang negara
Dalam menumbuhkan kesadaran dalam pemakaian data ini tampaknya masyarakat perlu dilibatkan dalam hal pengawasan,maka masyarakat seharusnya diberikan akses untuk melihat data-data yang bersifat public pada lembaga pemerintahan
sehingga masyarakat dapat mengontrol jika terdapat penyelewengan-penyelewengan yang terjadi.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda